Latihan II Jelajah Sepeda Jakarta – Palembang

Persiapan jelajah sepeda Jakarta – Palembang (JSJP) terus dilakukan. Pada latihan kedua sabtu 8 Oktober 2011 diikuti oleh 24 calon anggota tim JSJP. Ya…. goweser yang berlatih memang belum tentu akan tergabung dalam tim 50 JSJP. Akan ada seleksi kemampuan fisik, kesehatan dan tentu saja masalah perizinan dari tempat mereka bekerja. Tetapi hal tersebut tidak menyurutkan niat mereka untuk mengikuti latihan walau pada latihan kedua ini terjadi penurunan jumlah goweser. Hal tersebut terjadi karena pada hari sabtu kemarin bertepatan dengan kegiatan gowes bareng curug malela komunitas Kompas Gramedia Cyclist (KGC). Seperti kita ketahui sebagian besar anggota tim JSJP akan diambil dari KGC selaku komunitas tuan rumah jelajah sepeda ini.

Rencana awal rute latihan kedua ini dari palmerah menuju semplak untuk kembali lagi ke palmerah. Cuaca yang mendung disertai turunnya hujan rintik-rintik sabtu pagi merubah rute latihan. Untuk mengantisipasi turunnya hujan lebat, rute dialihkan seperti latihan pertama, palmerah – bintaro jaya – graha raya – alam sutera, tetapi kali ini tidak terus menuju foresta. Untuk memenuhi target jarak yang ditentukan (80 – 90 km), tim melakukan 3 putaran di perumahan alam sutera. Memasuki km 45, istirahat sejenak dan kemudian dari alam sutera langsung diarahkan ke pertokoan toll boulevard untuk berisitrahat di bakmie pelangi, mengganti karbohidrat yang terbuang selama latihan serta mempersiapkan diri untuk menempuh etape terakhir BSD – palmerah. Pitstop pertama pada latihan kedua tetap dilakukan di depan kebayoran village, setelah menempuh 20 km pertama.

Kecepatan kayuhan pada latihan kedua ini juga ditingkatkan dari sebelumnya yang hanya 20 km/jam menajdi 23-25 km/jam. Walau kecepatan kayuhan ditingkatkan, muka-muka pucat dan keletihan tidak terlihat pada sebagian besar goweser. Memang ada 1 goweser yang balik kanan karena tidak dapat mengikuti irama gowesan. Ia yang memang baru kali ini mengikuti latihan bersama dan tampaknya memang belum berpengalaman dalam melakukan gowes jarak jauh, memilih pulang ke rumahnya yang kebetulan searah dengan rute latihan.

One thought on “Latihan II Jelajah Sepeda Jakarta – Palembang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s