Setting RD (Rear Derailleur)

Pada Rear Derailleur terdapat 4 pengontrol yang harus diperhatikan yaitu 3 pengontrol berupa baut, dan 1 pengontrol untuk melakukan penyetelan ketegangan kabel shifter. 3 Pengontrol berupa baut yaitu :

  1. B-tension (angle) adjuster. Merupakan pengontrol berbentuk baut untuk mengatur jarak RD dengan sprocket.
  2. High Gear Maximum Throw/ Limit Stop (pada RD biasanya ditandai dengan huruf H atau Hi). Merupakan pengontrol berbentuk baut yang berguna untuk menjaga jarak maksimum RD pada saat dipindahkan ke gir yang paling berat (gir paling kecil). Bila pengontrol ini tidak dilakukan penyetelan dengan benar, maka RD tidak dapat dipindahkan ke gir paling berat atau rantai akan keluar dari cassette.
  3. Low Gear Maximum Throw/ Limit Stop (ditandai dengan huruf L atau Lo). Kebalikan dari High Gear Maximum Throw, pengontrol ini berguna untuk membatasi pergerakan maksimum RD pada gir yang paling ringan (gir yang paling besar). Bila tidak sesuai, maka RD tidak dapat dipindahkan ke gir paling ringan atau bahkan rantai akan keluar dari gir dan mengenai spokes/ jari-jari sepeda.

High & Low Gear Maximum Throw

Untuk melakukan penyetelan RD, High Gear Maximum diatur agar gir yang paling kecil (gir paling berat) sejajar dengan pulley RD sedangkan pengaturan Low Gear Maximum dilakukan agar pulley RD sejajar dengan gir yang paling besar (gir paling ringan). Kabel shifter disesuaikan ketegangannya agar saat perpindahan gigi menggunakan shifter, posisi gir sejajar dengan pulley pada RD.

Langkah-langkah yang dilakukan untuk melakukan penyetelan RD adalah :

  1. Posisikan RD pada posisi tanpa ada tarikan dari kabel shifter dan sebaiknya tanpa rantai sepeda. Biasanya pada posisi gir paling berat/ kecil, tetapi pada RD tipe rapid rise, posisinya adalah pada gir paling ringan/ besar (panduan penyetelan RD ini selanjutnya menggunakan RD dengan posisi normal pada gir paling berat/ kecil)
  2. Dorong RD ke arah gir paling besar/ ringan. Perhatikan jarak guide pulley dengan gir paling besar tersebut. Kalau bersinggungan berarti jarak RD kurang jauh. Kencangkan b-tension adjuster dengan memutar bautnya kearah kanan. Sebaliknya kalau terlalu jauh, putar b-tension adjuster kearah kiri. Beri jarak kira-kira 5 mm antara guide pulley dengan gir paling besar.
  3. Atur High Gear Maximum Throw sehingga posisi gir paling kecil sejajar dengan guide pulley RD.
  4. Atur Low Gear Maximum Throw sehingga posisi gir paling besar sejajar dengan guide pulley RD. Untuk mengaturnya, dorong RD menggunakan tangan sehingga posisi RD berada pada posisi gir paling besar, atur baut Low Gear Maximum Throw.
  5. Kembalikan posisi RD pada gir paling kecil. Pasang kembali rantai sepeda dan kabel shifter. Atur ketegangan kabel shifter. Jangan terlalu tegang ataupun kendur. Atur ketegangan kabel shifter dengan menggunakan pengontrol kabel shifter pada RD. Ketegangan kabel shifter dapat juga dilakukan melalui pengontrol ketegangan kabel pada shifter, tetapi sebaiknya gunakan pengontrol pada RD terlebih dahulu. Pengontrol ketegangan kabel pada shifter dapat digunakan untuk mengatur pada saat sedang mengendarai sepeda.
  6. Kayuh pedal sepeda dan pindahkan gir satu persatu. Perhatikan apakah setiap pemindahan gir dapat dilakukan dengan baik. Bila menekan shifter untuk memindahkan gir ke yang lebih besar/ lebih ringan tetapi gir tetap berada di posisi sebelumnya, berarti kabel shifter kurang tegang. Atur ketegangannya dengan memutar pengontrol kabel kearah kiri. Tetapi pada saat menekan shifter untuk memindahkan gir ke yang lebih besar/ lebih ringan dengan hasil gir melompat ke arah gir yang lebih besar lagi, berarti kabel shifter terlalu tegang, putar pengontrol kabel ke arah kanan untuk mengendurkan kabel shifter. Perhatikan pula bunyi yang ditimbulkan RD akibat tidak sejajarnya posisi gir dengan pulley RD. Lakukan perpindahan gir dari yang paling berat ke ringan kemudian kembali lagi ke yang paling berat. Pastikan kecepatannya sama saat memindahkan gigi dari berat ke ringan dan dari ringan ke berat.

2 thoughts on “Setting RD (Rear Derailleur)

Comments are closed.