Kampoeng Awan

Kampoeng awan. Ya…. itu tujuan gowes kali ini. Niat awal sih maunya ke pondok pemburu karena sudah lama gak kesana. Tapi Gussur kasih ide ke kampoeng awan. Dia sebenarnya juga belum pernah, dia penasaran dengan kampoeng awan dan belum kesampaian kesana. Kali ini pun dia tidak ikut karena sudah punya rencana terlebih dahulu untuk gowes ke jati luhur. Tadinya saya mau ikut ke jati luhur tapi karena tugas kerajaan di sore hari jadilah sepeda dibelokkan ke tempat yang lebih dekat.

Pemandangan Dari Kampoeng Awan

Perjalanan ke kampoeng awan dimulai dari kawasan argenia sentul city. Pagi itu berdua mas AH memilih naik ke kampoeng awan melalui taman budaya, warung km 0 bojong koneng kemudian naik terus melalui jalur offroad ke arah pondok pemburu. Lebih pendek memang jarak ke arah kampoeng awan, tapi karena keterbatasan waktu maka jalur itu yang dipilih. Selain itu jalan yang dilalui 90% sudah kebayang sehingga waktu tempuhnya bisa diprediksi.

Start sekitar jam 6.20 diawali dengan gowes santai menikmati sejuknya udara sentul sambil memanaskan otot-otot kaki. Setelah taman budaya, sepeda di arahkan ke kanan. Selesailah peregangan otot dan dilanjutkan dengan latihan pernafasan. Huh…hah….huh…..hah….  terus sampai ke warung km 0. Pagi itu belum banyak goweser yang naik melalui taman budaya. Hanya ada 5 goweser yang terlihat, itupun seorang goweser dengan gaya mbecaknya tidak belok ke arah km 0.

Sampai di warung km 0 ngobrol-ngobrol sejenak dengan goweser lain sambil menikmati 2 pisang ambon dan teh manis pengganti energi yang terkuras. Selain itu buat jaga-jaga sih kalau kelaperan di atas sana…he….he…. Tak berlama-lama, sepeda kembali diraih dan diarahkan ke villa salah seorang jendral. Tidak pakai jalan potong kali ini, tapi lewat jalan di depan pintu masuk villa sang jendral. Di belakang villa ada pertigaan aspal dan tanah. Untuk ke pondok pemburu arahkan sepeda ke jalan tanah yang ada di sebelah kanan. Ikuti saja jalan naik offroad itu. Tentu gowes uphillnya berbeda dengan saat menuju km 0. Tak jauh di belakang villa ada lagi 1 persimpangan, pilih jalan yang besar ke kanan, jalan yang bisa dilalui mobil 4wd.

Trek Memutar Sentul City – Kampoeng Awan

Putar terus crank sepeda sambil menikmati indahnya pemandangan di kiri. Kira-kira 4,1 km dari warung km 0 perhatikan sebelah kanan jalan karena akan ketemu dengan pertigaan. Kalau keterusan berarti akan menuju ke pondok pemburu sementara untuk ke kampoeng awan harus belok kanan. Pertigaan ini dulu dikenal dengan sebutan pertigaan portal merah karena memang ada portal merahnya. Tapi rasanya sudah lebih dari 3 tahun portal itu dipindah tepat ke depan pondok pemburu. O iya, pertigaan ini juga menandai akhir dari jalur pendakian karena kampoeng awan berada di bawah sedikit dari pertigaan ini.

Jalan tanah menurun, cukup lebar dan di tengah hutan…… berarti……. silahkan ngebut menikmati turunan ini. Ada beberapa persimpangan, ambil saja jalan utama yang lebar. Setelah persimpangan pondok pelangi II tibalah di persimpangan kampoeng awan di kanan jalan, hanya 1,4 km dari pertigaan portal merah. Oooppssss…. hampir lupa, sebelum pertigaan itu ada pertigaan single trek menarik di kiri jalan. Sangat menggoda untuk dilalui karena masuk ke dalam hutan pinus. Sayang kali ini tidak banyak waktu yang tersedia sehingga hanya sempat melongok beberapa meter saja. Tentu lain kali akan dicoba main-main ke single trek itu.

Keindahan alam kampoeng awan tentu tidak boleh dilewatkan begitu saja. Berhenti sejenak untuk berfoto ria dan mengagumi keindahanNya. Setelah itu kembali mengambil bonus yang terbentang panjang sampai ke gunung geulis. Sayangnya turunan kali ini sudah bukan jalan tanah, tetapi digantikan oleh aspal rusak sampai pertigaan jalan aspal halus. Cukup menyiksa untuk sepeda HT. Di pertigaan ini ke kiri akan menuju jalan raya puncak di daerah megamendung, ke kanan arah gunung geulis. Kali ini jalan aspal halus berganti jalan semen perkampungan penduduk sangat bersahabat dengan sepeda HT. Panorama alam di kiri kanan berganti cepat sesuai dengan gravitasi bumi.

Tapi jangan terlena dengan turunan panjang. Ingat kata penjaga pondok pemburu. Habis turunan pasti ada tanjakan di ujung sana. He….he…. benar juga dia. Masih ada 1 tanjakan lagi di dalam bukit pelangi, sebelum bunderan hotel kosong. Gak panjang sih, paling hanya 1 km. Habis itu masih ada bonus lagi kok sampai sentul city.

Download gps file kampoeng awan