Trek Telaga Warna 4 Kumkum

Satu lagi trek offroad alternatif yang ada di kawasan puncak. Terima kasih buat teman-teman dari puncak explorer yang telah membuka trek ini. Trek ini diberi name TW4 kumkum. Kumkum yang berarti berendam, merujuk pada salah satu tempat perhentian di pinggir sungai yang dapat digunakan untuk berendam ditemani gemericik suara air. Sabtu, 10 September 2011 saya bersama teman-teman dari PLCybro diberi kesempatan untuk mencicipi trek ini sebelum resmi dibuka. O iya, sebelum masuk TW4 kumkum, sempat juga mencoba trek Golden Mountain DH (GMDH). Tapi treknya belum selesai, tentu suatu saat akan dicoba lagi menikmati trek GMDH.

Ya… sesuai namanya, trek ini berarti ada di sebelah kanan jalan raya puncak (dari arah Cipanas – Ciawi). Titik start sama seperti jalur telaga warna lain, ada di portal pintu masuk kawasan telag warna. Dimulai dengan sedikit tanjakan aspal kemudian agak datar di jalan makadam terus naik lagi mengikuti jalan makadam. Arah yang diambil bukan masuk TW3 tapi ke arah TW1/2. Di pertengahan nanjak makadam, tepatnya di pertigaan makadam, bisa ambil jalur terus ke arah masuk hutan TW3 atau belok kanan melalui tanjakan makadam yang lebih sadis tapi dengan jarak lebih pendek. Setelah itu silahkan menikmati turunan makadam sepuasnya…….

Eitss…. jangan  keterusan. Di pertigaan setelah rumah-rumah jangan ke kanan tapi ke kiri, jalannya tetap turun bahkan nanti akan lebih miring dan masuk perkampungan. Dulu teman-teman KGCyclist yang mau ke TW1/2 pernah salah belok ke perkampungan ini . Cuaca berkabut tebal jadi alasan. Hasilnya ya balik lagi….. Mudah-mudahan per oktober 2011 ini penunjuk arahnya sudah ada. Kalau belok kanan ke arah TW1/2, nantinya akan nanjak di makadam dan ngelewatin telaga di kanan jalan.

Sampai di perkampungan jangan lupa istirahat dulu sejenak di warungnya Jumpono. Isi perbekalan, terutama air minum karena setelah ini akan masuk ke dalam hutan trek TW4 kumkum. Trek TW4 kumkum diawali dengan ttb, curam banget nanjaknya. Sedikit sih, hanya beberapa puluh meter aja kok. Setelah itu mulai masuk ke dalam hutan dan ….. silahkan menikmati turunan berkelok-kelok layaknya annaconda. Ada 2 turunan annaconda kalau tidak salah. Hati-hati…. turunannya di beberapa tempat cukup curam.

Di tengah trek akan ketemu sungai dan ada air terjun. Silahkan berhenti untuk foto-foto dan berendam. Setelah ketemu sungai ini, trek yang dilalui menjadi berbatu-batu dengan beberapa kali bolak-balik menyeberangi sungai itu. 12 kali nyebrang? Entahlah…. gak punya kemauan untuk menghitungnya…he….he….

Rute Trek Telaga Warna 4 Kumkum

Setelah berkali-kali menyeberangi sungai kecil, akhirnya kembali ke jalan tanah, sedikit menanjak. Tidak curam dan panjang, tetapi energi yang sudah terkuras di taman batu membuat tanjakan ini menjadi tantangan tersendiri. Akhir trek TW4 kumkum akan ketemu dengan trek TW3 setelah lapangan bola. Turunan berkelok-kelok  di tengah kebun teh jadi bonus terakhir sebelum ketemu dengan perkampungan. Setelah itu pilih sendiri mau lewat mana. Lanjut ke gunung mas, RA klasik, perkampungan megamendung-cipayung atau langsung jalan raya puncak? Pilihan ada di napas dan dengkul anda!