Jelajah Sepeda Jakarta Palembang Etape III, Adrenalin Terpacu Tinggi

Etape III Jelajah Sepeda Jakarta Palembang diawali dengan perjalanan menuju kantor Tribun Lampung sejauh 7 km dari hotel Amelia. Pagi itu, Sabtu 5 November 2011 Dana Kemanusiaan Kompas (DKK) mengadakan kegiatan di Tribun Lampung. Di kantor Tribun Lampung sudah hadir pula Kapolda Lampung Brigjen Pol Jodie Rooseto yang akan mengantar tim sampai batas kota. Beberapa peserta funbike tampak pula terlihat di Tribun Lampung. Selain layanan kesehatan yang diadakan oleh DKK, hari itu memang secara khusus diselenggarakan funbike untuk mengiringi tim JSJP sampai batas kota. Etape III ini sendiri menempuh jawak sejauh 115 km dari bandar Lampung menuju Kotabumi.

Rute etape III didominasi turunan dan tanjakan pendek yang saling bergantian, atau lebih sering dikenal dengan istilah rolling karena sebenarnya tanjakan itu bisa dilalui tanpa mengayuh pedal sepeda bila dari awal turunan sepeda dilepas begitu saja tanpa mengurangi kecepatan. Selama menempuh etape III tim JSJP lebih banyak menahan diri untuk tidak melepas kecepatan karena memang memiliki resiko yang tinggi karena TIM JSJP cenderung akan bergerombol dan saling berdekatan satu dengan yang lain. Tetapi tak dapat dipungkiri bahwa dengan rute seperti itu beberapa kali tim JSJP terpacu adrenalinnya sehingga tanjakan-tanjakan pendek itu dilalui dengan kecepatan tinggi memanfaatkan gaya gravitasi dari  turunan sebelumnya. Tak salah memang raut muka road captain Martha berubah garang melihat kelakuan tim JSJP di etape III ini.

Memasuki batas kota, beberapa anggota komunitas terlihat berjajar di pinggir jalan, bersiap diri untuk mengawal tim JSJP memasuki Kotabumi. Semakin mendekat ke dalam kota, semakin banyak pula terlihat anggota komunitas sepeda lainnya dari menggunakan sepeda MTB sampai sepeda yang saat ini menjadi kebanggaan kaum muda, sepeda fixed gear (fixie). Di belakang kaos komunitas fixie pun tergambar semangat mereka yang berkobar-kobar melaui slogan “Only God Can Stop Me To Ride”.

Antusiasme dari masyarakat dan anggota komunitas sepeda Kotabumi seolah membangkitkan kembali semangat tim JSJP yang memang pada etape III ini sedang tinggi-tingginya. Satu putaran di dalam kota menambah jumlah kilometer bagi tim JSJP. Tur keliling Kotabumi untuk membalas sambutan yang luar biasa dari masyarakat Kotabumi, sebelum tiba di garis finish etape III di hotel Duta.

Malam hari, yang memang bertepatan dengan malam minggu, komunitas sepeda Kotabumi berkumpul di hotel Duta. Mereka juga memberi persembahan kepada tim JSJP berupa  acara khusus yang disertai dengan alunan lagu-lagu dari organ tunggal serta berbagai permainan yang tentu berhadiah. Sayangnya persembahan tersebut terlalu malam bagi tim JSJP, sehingga tidak banyak anggota tim JSJP yang tampak hadir di lobby hotel. Ya, tim JSJP lebih banyak memanfaatkan malam itu untuk beristirahat menyiapkan fisik dalam menghadapi etape IV Kotabumi – Baturaja, etape terpanjang dan sebagian rute akan dilalui dengan night ride.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s