Bukit Kecil Yang Melelahkan, Trek XC Sea Games 2011

Sentul City pagi itu cuaca cerah. Saya hanya punya waktu sempit untuk menikmati udara pagi itu dari atas sepeda, jadilah saya mencicipi trek cross country (XC) yang minggu lalu dipakai sebagai venue Sea Games 2011. Trek tersebut tepat berada di bukit yang bertuliskan Sentul City. Tidak luas bukit itu sebenarnya, tetapi ternyata dapat disulap menjadi trek XC yang menguras tenaga. Jauh lebih melelahkan dibanding trek XC di seputaran BSD entah itu JPG, Cihuni maupun Taman Kota 2. Tak heran pelatih Indonesia untuk nomor XC Sea Games Oki RespatiĀ  berpendapat kalau trek Taman Kota 2 cenderung flat.

Titik start trek ini berada di dalam kawasan perumahan Argenia. Setelah keluar tol dari arah Jakarta akan bertemu dengan bundaran, lihatlah sebelah kanan, disanalah tulisan Sentul City berada. Bila membawa kendaraan silahkan parkir di tempat biasa, seperti stasiun pompa bensin Petronas ataupun di kawasan niaga tempat Bakmi Golek berada. Kayuhlah sepeda menuju kawasan Argenia dan naik menuju tempat start. 600 meter sebelum titik start tersedia tanjakan cukup tinggi sebagai pemanasan. Tetapi kalau malas mengayuh sepeda ke tempat start, silahkan parkir mobil di atas, dekat dengan titik start.

Trek ini diawali dengan permukaan datar, tetapi hanya sekitar 20 m saja karena setelah itu langsung disuguhi tanjakan cukup curam dengan permukaan batu-batuan kecil serupa pasir. Tanjakan ini langsung menuju tempat tertinggi berupa tanah lapang cukup luas yang dapat digunakan untuk mengatur nafas yang tersengal-sengal. Y a paling tidak itulah yang saya rasakan setelah melalui 1 tanjakan yang cukup berat dan licin karena ternyata malam sebelumnya kawasan ini turun hujan. Sebenarnya saya yakin tanpa kondisi itupun tetap sulit untuk menaklukkan beberapa tanjakan yang ada.

Setelah berada di atas, ada 2 pilihan trek yang bisa dilalui. Yang pertama short course, langsung turun ke arah kiri melalui jalan berkelok-kelok menuju garis finish atau pilih yang full course, ke arah kanan melalui turunan menuju hutan pinus di pinggir jalan utama Bukit Sentul. Kombinasi turunan dan tanjakan menjadi menu untuk dinikmati selain beberapa jalan relatif datar tempat untuk berpacu dengan kecepatan tinggi disela-sela pohon pinus yang rapat.

Trek ini secara keseluruhan menyuguhkan turunan cukup curam dan tanjakan pendek maupun panjang. Walau ada beberapa tanjakan pendek tetapi tetap sulit untuk ditaklukan. Tempat datar pun ternyata tidak menjadi tempat untuk mencuri nafas karena adrenalin terpacu untuk mempercepat pedalling merasakan sensasi berkelebat diantra deretan pinus yang rapat.

Trek XC Sea Games 2011 di Sentul City

~foto-foto oleh AH