Sepeda Pertama, Pertama Kali Gowes Ke Kantor

Sebenarnya sih dari jaman kuliah dulu (atau SMA ya?) punya keinginan naik sepeda ke kantor. Terinspirasi sama iklannya handphone Ericsson. Lupa seri yang mana dan belum nemu di youtube. Yang gw inget itu iklan hp Ericsson untuk aktivitas outdoor. HP ditaruh di handle bar terus orangnya gowes pake ransel ke gedung parkir kantor. Parkir sepeda trus ganti baju n naik lift udah pake baju kantor dan masih bawa ransel. Tapi sempat ilang juga tuh keinginan karena jarak rumah-kantor lama yang cukup jauh, 45 km-an.

Setelah 2,5 tahun jadi buruh pabrik di daerah pondok ungu Bekasi, akhirnya Oktober 2004 pindah jadi buruh percetakan di daerah Palmerah. Dari 45 km-an jadi gak lebih dari 15km. Wuah….. gak beda jauh tuh sama jarak rumah ke SMP yang cuma 13km. Dah pasti kuat dong kalo cuma segitu. Tapi tahun 2004 gak bisa langsung gowes ke kantor, hlah….. udah gak punya sepeda kok….he….he….

Ya… sejak SMA sampai kuliah udah gak pernah gowes-gowesan lagi. Bukan cuma karena sibuk sama kegiatan lain, tapi karena emang gak punya sepeda…..ha…..ha….. Sepeda mas Dodi yang biasa dipinjemin dah dipermak abis. Kalo gak salah dibikin single speed, ban dipepetin ke seat tube, dicat merah dan dibawa ke Bali! Sampai di Bali ada yang kepingin terus dibayarin deh tu sepeda.

1 tahun pindah ke Palmerah belum juga bisa gowes ke kantor. Masih nabung dulu. Lebih tepatnya sih lagi nikmatin rezeki yang didapat setelah 2,5 tahun jadi buruh dengan gaji pas-pasan, cenderung minus malah. Apalagi setelah hampir 1 tahun terakhir bolak-balik bintaro-bekasi sendirian, gak ada barengan lagi.

1 tahun masa bulan madu selesai, mulai deh nabung beneran. Sampai akhirnya awal Jan-Feb 2006 mulai hunting-hunting parts sepeda. Niat awal mo bikin sepeda balap. Dulunya kan juga naik road bike, makanya kepikiran pakai road bike lagi. Sepeda hybrid juga jadi perhatian. Terakhirkan sepeda balap mas Dodi gw rubah pakai handle bar yang flat. Polygon Trexia hybrid jadi salah satu tipe sepeda yang masuk dalam daftar. Tapi dipikir-pikir gak bisa main tanah dong. Ah…. sayang kalo gitu, daerah rumahkan masih banyak jalan tanah. MTB ajalah kalo gitu.

Tanya kiri-kanan, liat kesana-kemari akhirnya nemu juga tuh frame. Warnanya sih kurang begitu sreg tapi itu udah yang paling sreg dihati setelah berhari-hari nyari frame MTB. Scott scale 30 hitam kombinasi biru. Tinggal shock depan nih yang gak dapet-dapet warna yang cocok sama framenya. Masih sabar nunggu 1-2 minggu, akhirnya nyerah. Ambil aja tuh shock warna merah. Langsung diamplas dan dicat hitam doff. Biar keren dikasih stiker shimano warna biru.

Scott Scale, Sepeda Pertama

Dihitung-hitung biaya buat bikin sepeda ternyata hampir 2 kali lipat dari budget awal…ha….ha…. Biasalah, maunya part yang lumayan. Itu juga padahal masih ada part yang belum sesuai. Wheelset pakai yang bekas. Rem belakang masih v-brake, tapi depan udah disc brake. RD juga masih pakai shimano acera (8 speed) sementara sprocket dan shifter udah pakai deore (9 speed).

Sepeda pertama hasil keringat sendiri ini juga gw yang ngerakit. Berbekal utak-atik sepeda jaman dulu dan pelajaran mas Dodi tentang bongkar-pasang motor sendiri. Korbannya 1 crankset FSA + BB Truvativ yang gagal dipasang karena tempat buat kunci BB hancur. Gak punya kunci BB, pakainya kunci pipa, udah gitu masang BBnya miring jadi seret pas ngebuka untuk ngebenarin BBnya. Nyari BB pengganti pun gak dapat-dapat, jadi ya udah beli aja crank lagi yang deore + sekalian dipasangin. Selesai deh tu sepeda.

Test ride sepeda keliling bintaro, paling hanya 5-7 km. Langsung aja ke gowes ke kantor ah….. Eits tapi tanya dulu sama mas AH yang udah gowes ke kantor duluan, mandinya dimana. Siplah…. ada tempat mandi di kantor. Brangkat deh gowes ke kantor suatu hari di bulan Maret tahun 2006. Seminggu kemudian ketemu Joe dan Nining yang juga gowes ke kantor, tapi mereka di palmerah barat sementara gw & mas AH di palmerah selatan.

One thought on “Sepeda Pertama, Pertama Kali Gowes Ke Kantor

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s