Hati-hatilah Saat Upload File GPS Anda

Anda menggunakan aplikasi endomondo pada smartphone untuk mencatat aktivitas bersepeda anda terutama untuk menyimpan data-data peta gps? Atau tergabung di dalam travel community seperti everytrail untuk menyimpan file-file gps perjalanan anda? Bila iya sebaiknya berhati-hati dan gunakanlah dengan bijaksana.

Maksud saya apa? Begini ceritanya……

Pada suatu hari di bulan Juni, Dodo mendownload aplikasi endomondo di BlackBerry. Oleh Dodo aplikasi itu digunakan untuk merekam aktivitas bersepeda, dari rumah ke kantor dan sebaliknya maupun saat touring atau offroad dengan rekan-rekan lainnya. Layaknya social media, friend listnya pun semakin hari semakin bertambah. Dari teman baik maupun sekedar teman yang kenal sekelebatan saja saat bertemu di trek sepeda. Berbulan-bulan lamanya Dodo menggunakan endomondo. Semua aktivitas bersepeda selalu direkam.

Pertengahan November Ayah kandungnya dipanggil oleh Sang Pencipta. Tidak mendadak memang, karena sebelumnya sudah bolak-balik berobat ke dokter. Teman-temannya tentu bersimpati begitu mendengar kabar duka itu. Tak sedikit temannya yang ingin menyampaikan rasa duka cita langsung ke rumah duka, salah satunya Edo, teman sepedaan. Masalahnya Edo tidak mengetahui alamat tempat tinggalnya, hanya teringat bahwa Dodo masih tinggal dengan orang tuanya.

Edo mengirim pesan singkat ke teman yang tahu alamat Dodo, tapi sudah 1 jam belum dibalas juga. Bingung si Edo mencari alamat rumah Dodo. Tiba-tiba Edo teringat pada endomondo. Ya, Edo juga menggunakan endomondo dan tentu Dodo ada di friend listnya. Saat itu juga Edo membuka endomondo dari browser di smartphonenya.

Setelah login, ia mencari nama Dodo dan melihat workoutnya.
Dipilihlah workout pada hari kerja, karena itu berarti Dodo bersepeda dari rumah ke kantor atau sebaliknya. Peta workout Dodo menjadi perhatian….. dan… voila!……. Edo berhasil mengetahui alamat tempat tinggal Dodo. Segera ia mengambil sepeda dan mengayuh sepeda ke rumah Dodo.Dari ilustrasi diatas bisa dilihat bahwa workout yang kita rekam, terutama yang berhubungan dengan rumah, bisa digunakan untuk membantu mencari alamat teman kita. Hebat kan? Itulah gunanya teknologi.

Tapi kenapa saya menyarankan untuk berhati-hati dan menggunakan dengan bijaksana? Bayangkan aja kalau teknologi itu disalah gunakan untuk maksud-maksud tertentu yang negatif…. (bayangin sendiri yah…. saya gak mau mengarahkan.)Saran saya sih file gps yang ada lokasi tempat tinggal kita di edit terlebih dahulu. Hapus semua yang berhubungan dengan tempat tinggal kita. Kalau menggunakan endomondo, aktifkan atau matikan tidak tepat di rumah kita. Beri jarak beberapa ratus meter atau bahkan 1 km dari rumah kita.

Kesannya kok takut banget ya, apa gak capek tuh hidup dibayangi ketakutan? Ya jangan hidup dibayangi ketakutan, berdo’alah yang banyak. Gak ada salahnya kok berjaga-jaga, kan ini demi menjaga yang harus dijaga. Sudah terlalu banyak orang yang kepepet dan menghalalkan segala cara. Kejahatan ada karena ada kesempatan….. waspadalah…. waspadalah!

3 thoughts on “Hati-hatilah Saat Upload File GPS Anda

  1. ide yang menarik, bung. terus terang saya baru kepikiran soal ini. terimakasih atas sharingnya.
    salam dari jogja🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s