Memanaskan Sepeda

Punya sepeda yang saat ini lebih banyak nganggur? Kalau punya jangan lupa untuk ‘dipanaskan’ sekali-kali, layaknya mobil atau sepeda motor. Ahhhh repot amat…… tapi perlukah?

Sepeda mempunyai banyak komponen bergerak. Komponen-komponen bergerak itu terbuka, dalam arti bersentuhan dengan air dan tentu lumpur. Walau sepeda itu rajin dibersihkan setelah digunakan tetapi saya yakin sebagian besar dari kita hanya membersihkan bagian-bagian yang terjangkau dengan lap ataupun kuas. Bagian yang agak di dalam tak tersentuh saat pencucian sepeda.

Sepeda dan habitatnya

Saya punya pengalaman buruk mengenai sepeda yang terabaikan sejenak. Sepeda saya pernah ngelos freewheelnya gara-gara terabaikan selama beberapa minggu. Saat sepeda dikayuh, crank, rantai dan sprocket berputar tetapi ban sepeda tak bergerak sedikitpun, seperti saat kita memutar crank ke arah belakang. Setelah freewheel dibongkar diketahui bahwa pin pengait tidak kembali ke posisi seharusnya, jadi perlu dibersihkan agar berfungsi kembali.


Kalau pengalaman teman saya berbeda. Sepedanya terabaikan berbulan-bulan di salah satu dinding rumahnya. Hanya jadi ornamen pemanis ruangan. Saat ingin digunakan ternyata crank set sama sekali tidak bisa diputar. Hasilnya digantilah bottom bracket (BB) yang melekat pada crank set Shimano XT. Padahal BB yang macet itu sebelumnya masih sangat layak pakai dan saya juga tahu bagaimana detilnya ia saat membersihkan sepeda.


Masalah BB macet itu juga saya alami. Saya mempunyai 1 crank set yang dilengkapi dengan BB truvativ pada kotak harta karun. Tentu bukan kondisi baru tetapi telah dipergunakan. Waktu awal penyimpanan BBnya lancar jaya. Bertahun-tahun kemudian setelah mau digunakan kembali ternyata BB sama sekali tidak bisa diputar, macet-cet. Baru bisa berputar kembali setelah saya bongkar bearingnya dan saya bersihkan dengan cairan penetran.


Ya, memang untuk membersihkan bagian-bagian seperti bottom bracket (BB), hub – freehub maupun freewheel membutuhkan keahlian membongkar dan memasang komponen-komponen sepeda itu. Dan… tidak semua bisa melakukan hal tersebut. Ke bengkel sepeda? Belum tentu komponen-komponen itu termasuk yang dibersihkan, kecuali kita meminta secara khusus. Jadi solusi murah tapi harus rajin melakukannya….. ‘panaskanlah’ sepeda anda. Tidak perlu setiap hari, seminggu sekali rasanya sudah cukup.

2 thoughts on “Memanaskan Sepeda

Leave a Reply

